Kamis, 22 September 2011

Menjajal Windows 7 Dengan Dual - Boot


Siapa yang ingin coba ngrasakan dua windows dengan Windows 7 & Windows XP bersandingan?  

Langkah I : Membuat partisi baru pada hard disk
Buat partisi baru pada hard disk kita sebesar 2x spek minimal (sekitar 3 Gb deh). Bikin partisi pada hard disk ini teman-teman sudah tahu semua yach? Kalo kita pake windows vista lewat sini aja :
1. Klik kanan my computer, kemudian : Klik manage
2.   Pada jendela computer management
klik storage>disk management
3.   Kemudian klik kanan pada partisi yang akan dibagi (misalnya : C)
4. Klik : shrink volume
5.   Pada kotak yang muncul isi dengan jumlah 30 Gb
6.   Klik shrink, tunggu sampai proses partisi selesai.
Kalo kita menggunakan windows xp sp 1 atau 2, maka membuat partisi barunya harus dengan bantuan aplikasi partition manager (bisa partition magic, dll).

Langkah II : Melakukan instalasi windows 7 beta
Karena DVD windows 7 beta installer yang saya peroleh dari PC Plus ini sudah bootable, maka langsung saja kita melakukan instalasi seperti biasa:
1.   Ubah dulu mode booting melalui BIOS, agar pc melakukan boot melalu dvd drive.
2.   Masukkan dvd windows 7 beta installer.
Biarkan proses instalasi ini berjalan sampai selesai (kurang lebih 45 menit) dan jangan lupa nanti ada pilihan di drive mana windows 7 beta ini akan di insatall, maka langsung saja kita pilih partisi yang baru kita bikin tadi (jangan sampai salah pilih partisi lho, GW gak bertanggung jawab kalo milihnya ke drive C).
Nah, setelah proses instalasi selesai jangan diapa-apain dulu, dilihat boleh tapi jangan dipegang, lho hue he. Maksudnya, Untuk  system operasi utama  di computer kita silahkan memilih sendiri sesuai kompiteble accesoris aplikasi yang lainya, kita rubah dulu setting dual boot nya agar pada saat kita menyalakan computer kita yang loading sebagai default nya adalah system operasi yang sekarang kita pakai ini, apakah itu windows XP atau pun Windows vista, kalo windows 7 kita jadikan alternatif aja (buat nyoba aja). Settingnya adalah sebagai berikut (posisi kita masih di windows 7  yang baru selesai kita install barusan):
1. Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties
2.   Klik : Advanced System Setting, kemudian klik Tab Advanced
3. Klik : Settings yang ada dibawah “Start up and Recovery”
4.   Pada bagian : “Default Operating Systems”, pilih lah :
[Earlier Version of Windows]
5.   Klik OK, selesai.
Nah, sekarang sudah selesai dan computer kita sudah memiliki dua system operasi. Selamat mencoba dan menjelajahi windows 7 bareng XPnya … jangan banyak tanya lagi, segera laksanakan !!!jam kerja sudah tiba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

test